Selasa, 15 Desember 2009

KISSEU (chapter 2)


author : lee sarang 






@teacher office—

Rizuki Sensei memukul-mukulkan penggaris kayu di meja penuh amarah. Asha berlari terengah-engah masuk ke kantor. tapi belum ada Leeteuk.
“mana ? mana Leeteuk ?!!” jerit Rizuki Sensei.
“sudah saya telpon kok sensei, sebentar lagi mungkin..” ujar Asha pelan.
Sensei mengomel-ngomel nggak jelas dalam bahasa jepang. Asha menggaruk kepalanya yg gk gatal. Bingung.

“~haaaah..haah... gomenasai sensei. Gomenasai.. hah... hah..” Leeteuk masuk kantor dengan napas terengah. Keringatnya bercucuran.
“LEETEUK~~ kamu ini selalu... blaa..blaa..blaa..” omel Rizuki panjang. Leeteuk dan Asha hanya diam menunduk.
Setelah duapuluh menit *yang terasa sangat amat lamaa* akhirnya Rizuki Sensei mengucapkan kalimat utamanya.

“Asha dan Leeteuk, mulai besok kalian harus membersihkan dan merawat kebun apel di belakang sekolah. selama dua minggu. Bagaimana ?” Rizuki Sensei menurunkan kacamatanya, kayak orang jaman dulu.

“ttappii.. sayaa ada les piaanoo... sensei,” protes Asha lirih.
“SAYA TIDAK PEDULI !!” teriak Rizuki Sensei marah.

“Lho sensei, ini kan kewajiban kami juga untuk les atau bimbingan. Oke kita emang dihukum, tapi juga harus menghargai kegiatan kita dong!” Leeteuk nyolot.
“LHO? Kok kamu jadi nyolot ke saya?! Kalau begitu hukumanmu jadi tiga minggu!!! Sudah~~ saya tidak mau dengar alasan lagii!!” Rizuki Sensei menunjuk-nunjuk pintu.

Asha menatap Leeteuk tidak tega. Keduanya keluar kantor dengan muka masam.
BRAAK~~
Leeteuk menendang tempat sampah yang ada di depannya.
“kamu gk apa-apa oppa ?” tany Asha cemas.
“gk apa kok, sebel aja. Kamu les piano tiap hari ?” Leeteuk balik tanya.

“nggak sih. hari senin sampe kamis aja. Kenapa?”
“kalo gitu, senin sampe kamis kamu gak bisa ikut hukuman dong?”
“trus gimana dong, oppa? Aku harus gimana?” Asha mulai bingung.
“gk apa deh. aku aja yg dihukum, tar kamu pura-pura aja kalo misal ditanya sama
monster jepang itu. gimana?” Leeteuk tersenyum lebar. memperlihatkan lesung pipinya. sejenak Asha menatapnya. Terpana sesaat karena kemudian Leeteuk menyadarkannya dengan mengguncang pundak Asha.

“hei...”
“aaa~ ee~ hhehe. Tadi oppa bilang apa?” Asha nyengir.
“kamu les piano aja. Biar aku yg dihukum, nanti kalo kamu ditanyai sama sensei, bilang aja kamu ikutan bantuin aku. gimana?” Leeteuk tersenyum lagi.

“lhooo? Gk adil dong? Kan aku juga salah? Kok Cuma oppa yang dihukum? Gk mauuuu~~” Asha memonyongkan mulutnya saat ia mengucap kata U .
Selama beberapa menit, Leeteuk diam. Lalu tertawa keras, “Hahahahahahahahahahaha..!!”
“mwo?” Asha bingung.
“Kamu lucu bangeeettt !!! yaampun, monyong-monyong gitu.. imut tauuu!!” Leeteuk mencubit pipi Asha yang hampir pingsan karena gugup. Melihat reaksi Asha seperti itu Leeteuk jadi kikuk. Lalu menggaruk-garuk kepalanya.

“mianhae. Mianhae Asha. Jangan marah doong,” Leeteuk menarik-narik kemeja Asha. Hyun tambah salah tingkah.
“hehe.. gk ko oppa.” Asha nyengir maksa.
“syukur deh. ohya, pulang naik apa? Naik bus?” tanya Leeteuk.
“iya. Naik bus.”
“aku anterin yaa?” tawar Leeteuk.
“APAA~~ ? nganterin pulang? ngapaaiiin?” Asha kaget setengah mati.
“udah malem lhoo. Udah jam 6 gini. Kalo ada apa-apa gimana? Kan aku yang ngerasa bersalah..” Leeteuk menjelaskan.

“bersalah gimana?”
“yang bikin kamu pulang malam kan aku. yang terakhir pulang dari sekolah juga kamu sama aku. intinyaa, kalo kamu nanti ada apa-apa, tersangka utamanya aku tauuu. Aku gak mau dihukum lagi sama monster jepang itu.”
“hahahaha. Gak apa kok oppa. Biasanya pulang les kan jam segini.”
“itu kan kalo les. Orang rumah pasti gak khawatir. Lha sekarang? Kamu gak les kan, tapi pulang malem. Udah deh, nurut aja. Ayooo~~” Leeteuk langsung menarik pergelangan tangan Asha yang masih melongo.
“Oppaa~”

Leeteuk menghentikan langkahnya. “mau nolaak? Gak boleh!”
“bukaaan. Aku mau telfon dulu. Gara-gara oppa bilang tadi, aku jadi inget appa,” Asha melepaskan tangannya dari gandengan Leeteuk. Lalu ia merogoh saku tasnya.
“aduuh... aku baru inget kalo ponselku mati, batereinya habis. Gimana ini?” Asha bingung.
“Lhoo? Ponselmu kok sama kayak ponselku?” Leeteuk mengeluarkan ponselnya dari saku. Benar-benar sama, model, tipe sampai warnanya. Hanya saja punya Asha ada gantungan chibi L.
“yee. Situ kali yang ngembar-ngembarin. Huh gak kreatipp !!” cibir Asha.

“yaudaa, tadinya aku mau minjemin kamu ponselku biar bisa telepon. Eh, kamunya malah ngejekin aku.. ogah ah minjemin.. weeek !” Leeteuk menjulurkan lidahnya.
“bodo amat. kalo kagak dipinjemin juga gak apa. Langsung pulang aja.. yee,” Asha melenggang meninggalkan Leeteuk.
Leeteuk panik, “Asha.. woii !! tunggu dooong. Gw kan udah janji mau nganterin lo pulang..” lantas dengan sigap ia memegang lengan Asha.
“Makanyaaa.. pinjemin doong ponselnya.” Asha mengerling nakal.
“dasar~~” Leeteuk mengeluarkan ponselnya dan memberikannya pada Leeteuk.

“bagus bagus. Gud boy !” Asha menepuk-nepuk kepala Leeteuk yang kebetulan sedikit menunguk sehingga Asha bisa meraihnya.
“Hey, nggak sopaaan~! Sejak kapan lo mulai gak sopan sama gw?” Leeteuk menyipitkan matanya.
“Sejak lo manggil pake aksen lo-gw. hhahah..” tawa Asha. Disusul tawa Leeteuk.
Asha memencet-mencet tombol angka, lalu menempelkannya di telinga. Namun kemudian Asha melotot.

“PULSAnya abis tauuuu~~ !!” raung Asha.
“hehehehehe”
“PABO~~ ngapain dipinjemin kalo gituu? Huuh!!” omel Asha.
“mianhae. Mianhae..” Leeteuk masih terkikik geli.
“Aah... nanti kalo Appa marah-marah gimana? Aduuh. Mana tadi pagi Appa bilang aku nggak boleh pulang telat lagi. huuufth...” Asha menghela napas panjang.
“mianhae yaa. kalo gitu nanti kalo kamu dimarahin, aku yang tanggung jawab deh.” Leeteuk menawarkan senyum berlesung pipinya lagi.

“ya tetep ajaaa. Aku tuh nggak pernah pulang malem sama cowok. paling-paling sama Yesung oppa atau Siwon Oppa. Appa pasti ngertilah kalo aku sama mereka. Lha kalo sama kamu? Aduuuh, nambah masalah baru tauu!!” ceracau Asha.
“Yesung kakakmu kan?”
“Iyaaa...”
“trus Siwon sapa?”
“temen kampus Yesung. kenapaa?” nada suara Asha terdengar putus asa.
“lhaa itu boleh kalo sama Siwon. Masa sama aku kok nambah masalah?” Leeteuk protes.

“yaiyalaah. Siwon kan sahabat Yesung oppa. Aku udah sering kali maen dirumah Siwon oppa sampe nginep-nginep segalaa. Appa jelas udah percaya lah. Lha kamu? Aku aja kenal baru tadi pagi. Apalagi appa...” lanjut Asha.
“Nginep? Ngapain?”
“haduuuuh, kamu lagi ngebahas siapa sih oppa? Siwon oppa atau nasibku nih?!!” Asha mulai emosi.
“mianhae, kalo gitu kita naik taksi aja, biar cepet nyampe rumah kamu. Oke?” usul Leeteuk tersenyum lebar. lebar sekali. Asha sekali lagi hanya bisa diam menatapnya.

@ Asha’s mom home—
Yesung merebahkan tubuhnya di kasur. Menatap langit-langit kamarnya.
“Udah laah. Lo ngapain capek-capek mikirin si tengik Kangin sih? tugas kuliah lo tuh pikirin,” kata Siwon masuk kamar sambil membawa dua kaleng coke.
“geblek. Gw juga gak pabo pabo amat mikirin si tengik itu. gw mikirin Asha tau! lo ngerti kan, Asha itu adek gw satu-satunya. Yang gw sayang banget, yang paling pengen gw lindungin. Lha kalo dia serumah ama psikopat itu, apa lo gak cemas?!” elak Yesung
“adek lo ada dua, geblek. Noh, digendong ama Amma lo,” ralat Siwon dengan polosnya.
Pletak!!
Yesung melempar majalah disampingnya ke arah Siwon. “adik kandung geblek!”

Tiba-tiba terdengar suara Calvin, suami Amma. “Yesung.. your dad calling.”
Yesung berdiri dan keluar kamar untuk mengambil telepon tanpa kabel yang disodorkan pria bule suami baru Amma.
“~~Yeobseo? Mwo? Asha belum pulang jam segini? Aneyo. Dia tidak disini Appa. Ne, Ne...” klik. Telepon ditutup.

“Asha belom pulang?!” Siwon terlihat cemas.
Yesung tidak menjawab, malah memencet nomor ponsel Asha.
“DAMN~~!!”
“kenapa?”
“ponselnya mati. Aduhh Asha. Kemana sih tuh anak. Hari ini dia gak ada jadwal les piano. Gak biasanya deh, tuh anak keluyuran jam segini..” Yesung mondar-mandir.

“coba lo telepon aja temen-temennya. Kali aja ponselnya mati trus lupa kasih kabar,” Siwon mencoba menenangkan Yesung.
Yesung mengangguk dan langsung memencenti semua nomor telepon teman Asha yang ia tau.

@ Asha’s dad home—
Appa mondar-mandir di ruang tengah. Makan malam belum tersentuh sama sekali.
Hye Sun hanya bisa duduk di sofa sambil meremas-remas tangannya. Kangin sendiri terus sibuk dengan ponselnya.

“Sebaiknya kamu makan dulu. Nanti maag mu kambuh Kangin,” ucap istri Appa .
Kangin beranjak dari duduknya.
“tidak ada yang boleh makan sebelum Asha datang!” ucap Appa tegas dan lantang. Istri Appa kaget.
“Tapi Kangin punya maag. Aku takut penyakitnya itu kambuh. Apa tidak bisa kau beri izin dia makan duluan?” kata Istri Appa memohon.

“Bagaimana bisa kalian makan sementara anak perempuanku satu-satunya, Asha tidak jelas bagaimana kabarnya!” bentak Appa. Terpaksa Kangin duduk lagi di kursinya.
“Tapi kalau Kangin sakit bagaimana?” istri Appa terus merajuk.
“Setidaknya kita bisa melihat keadaan Kangin kalau sedang sakit. Sedangkan Asha? Kabar saja kita tidak tau!! jangan membuat aku emosi, Hye Sun!!” ucap Appa.

“Sudah lah, amma. Aku tidak apa-apa,” Kangin mencairkan suasana.
Tok-tok-tok...
Suara pintu diketuk, membuat Appa langsung berjalan cepat menuju pintu. Dibukanya pintu itu kasar.
“mianhae, appa. Mianhae, Asha pulang malam. Mianhae, appa..” suara Asha agak serak.

Appa langsung memeluk Asha sambil mengusap kepalanya. Leeteuk yang berdiri lima mater di belakang Asha hanya bisa diam.
“mianhae, appa.. mianhae..” ucap Asha lagi lalu melepas pelukan appa. Appa memandang Leeteuk meminta penjelasan. Asha mendekati Leeteuk dan menariknya ke depan hadapan Appa.

Appa langsung duduk di ruan tamu, tandanya Asha harus mengajak Leeteuk masuk.
“annyeong. Leeteuk imnida. Saya kakak kelas Asha. Saya yang bertanggung jawab atas Asha pulang malam hari ini.” Leeteuk membuka percakapan.
Appa menatap Leeteuk dari ujung rambut hingga ujung kaki.

“Appa jangan salah paham dulu. Asha nggak apa-apa. Jadi ceritanya tadi siang waktu istirahat, Asha nabrak Leeteuk sunbae. Kebetulan Leeteuk sunbae dihukum keluar kelas. Leeteuk sunbae minta maaf ke Asha. Tapi sensei mngira kami mengobrol. Kami dipanggil ke kantor sepulang sekolah. Asha terlambat gara-gara itu Appa.. mianhae..”

“mianhae Asha gk bisa ngasih tau Appa, ponsel Asha mati. Batereinya habis. Ponsel Leeteuk sunbae juga gk punya pulsa. Mianhae”

Appa memandang Leeteuk lagi. Leeteuk nyengir, memperlihatkan lesung pipinya. Appa langsung tersenyum ramah. Jarang sekali Appa cepat ramah dengan orang asing. Dengan Siwon saja butuh waktu 4 bulan.

“kalian sudah makan?” tanya Appa pelan.
“belum appa..” jawab Asha.
“ayo. Ajak temanmu makan bersama keluarga kita. Hye Sun, hubungi ibu Asha atau Yesung, kabari bahwa Asha sudah pulang dan dia baik-baik saja.” Suruh Appa. Istrinya, Hye Sun hanya menurut.

“Kangin..” panggil Appa. Kangin lantas menuju ruang tamu. Menghampiri ayahnya.
“Ini anak perempuanku. Asha. Akrabkan diri kalian secepat mungkin. Appa nggak mau suasana rumah canggung dan kaku begini. Bagaimana, Kangin?” kata Appa.

“Siap appa!”
Asha mencolek pundak Leeteuk. “ayo ikut makan!”
Leeteuk menggeleng. “gk ah. Udah malem nih.”
Asha cemberut, “ayolaah. Sbagai tanda terimakasihku, oppa mau mengantarku pulang”

Leeteuk tersenyum lembut, lalu mengacak rambut Asha. “terimakasih. Tapi ak harus pulang. mianhae.”
“Ahjussi, mianhae.. saya tidak bisa ikut makan malam. Sebaiknya saya pulang saja, karena sudah larut. Gumawo undangan makannya. Mianhae..” ujar Leeteuk sopan.

“Wah. Sayang sekali. Padahal jarang lho saya ini mengijinkan teman laki-laki Asha ikut makan. Kamu yang pertama, eh kamu malah menolaknya. Tidak apa-apa. Hati-hati dijalan, nak. Terimakasih sudah mengantar Asha pulang.” lanjut Appa.

“Mianhae ahjussi. Selamat malam.” Leeteuk membungkukkan badan lalu pamit. Asha sempat melambaikan tangannya saat Leeteuk menoleh. Wajahnya merah. Asha merasa firasatnya buruk.


~to be continued

0 komentar:

Posting Komentar